SEJARAH LIPSTIK YANG JARANG KAMU KETAHUI

Holla
Assalamuailakum
Semoga kalian selalu setia membaca tulisan ini. Aamiin ๐Ÿ’•


Sumber : google.com

Aku mau cerita nih, kan aku udah mulai jarang membuka instagram. Jadi gak terlalu banyak info yang ku tahu. Alias aku gak punya banyak kouta “sedih banget kan” kebetulan aku lagi iseng buka ig dengan alasan mau liat snapgram teman-teman. Eh gak sengaja liat hari peringatan gitu. Kepo gak sih hari peringatan apa ? oaky, akan aku jelaskan, 29 Juli bertepatan Hari Lipstik Internasional.


Berbicara masalah lipstik memang menjadi kosmetik yang penting bagi kaum wanita, sebab kalau bibir tanpa gincu ataupun lipstik bibir akan keliatan pucat, dengan menggunkan lipstik lebih terlihat fresh, entah warna apapun itu.tapi, ini tidak semua perempuan loh yang senang menggunakan lipstik, biasanya perbandingan 60% banding 40%. Hasil dari 40% itu mereka memang senang terlihat natural tanpa makeup ataupun kosmetik lain yang melekat pada dirinya. Tahukah kalian sejarah dari lipstik yang sering kalian gunakan ? biarkan aku mengulas sejarah lipstik sedikit ya.


Dikutip dari “History Of Comestics” lipstik lahir Sebelum Masehi (SM) atau sekitar 5000 tahun lalu di Messopotmia atau kota irak pada saati ini. Orang-orang di zaman konu menggunakan lipstik sebagai cara untuk menujukkan status tinggi. Bisa dipakaia untuk laki-laki ataupun perempuan seperti pada bangsa Maya kuno, Sumeria kuno dan Mesir kuno.

Dimana mereka menggunakan lipstik bukan untuk kecantikan saja, melainkan untuk melindungi diri dari sinar matahari, selain itu mereka juga bisa menggunakan lipstik bisa di daerah mata .

Penggunakan lipstik seperti kebutuhan sekunder, setiap hari mereka memakai tetapi tadi yang aku bilang, untuk kalangan menengah ke atas saja, bukan untuk kalangan kebawah.


Sumber :google.com

Dikutip dari ABC.Net moment penting pengembangan lipstik pertama dalam bentuk stick diciptakan oleh Abu al-Qasim al-Zahrawi, bapak ilmu bedah modern. Dia menciptakan lipstik tersebut sekitar tahun 900 Masehi. Dia menggunakan lilin untuk membentuk dasar lipstik dan menambah pewangi yang kemudian di masukan kedalam cetakan.

Namun, selama abad pertengahan, popularitas lipstik menurun. Pada era itu, lipstik menjadi kontroversi dan dianggap kosmetik yang hanya cocok dipakai oleh wanita kelas bawah dan pekerja tanda kutip. Kemungkinan ini sudah marak dipakai, sehingga kalangan atas mereka menghentikan pemakaian lipstik karena disamakan oleh pekerja tanda kutip dan masyarakat kelas bawah.

Tetapi liptsik kembali ke masa jaya nya pada saat negara inggris dipimpin oleh Ratu Elizabeth I yang menggunakan lipstik merah terang di bibirnya. Pada saat itu abad ke 16.

Sumber : google.com

Next ke abad 17 lipstik kembali menghadapi ancaman keras dari pendeta di Inggris bernama Thomas Hall dan parlemen Inggris mengeluarkan regulasi melarang memakai lipstik pada tahun 1770. Bagi siapapun yang memakainya, bisa di kenakan sanki. Karena dianggap mirip penyihir. Kemungkinan mereka menggunakan lipstik berbentuk gelap yang sering dipakai penyihir haha (sumber : google)

Sumber : google.com

Popularitas lipstik kembali meningkat pada tahun 1890 dan lambat laun kembali digemari kaum wanita. Hingga sampai sekarang,sampai dimana lipstik bisa digunakan oleh seluruh warga tanpa memandang kasta jabatan atau apapun. Bahkan anak remaja yang baru besar saja mereka sudah menggunakan liptsik untuk mempercantik bibir mereka.

Sumber : google.com

Lipstik sekarang sudah mengalami berbagai perubahan, bisa dari segi varian, baik dari segi warna sampai dengan segi bentuk yang unik dan lucu untuk kaum wanita. Selain itu juga,satu produk kecantikan tidak hanya mengeluarkan satu liptik saja, tetapi berbagai macam lipstik yang bisa mereka olah, baik itu dari segi Halal untuk dipakai, sampai lipstik brand yang terkenal ke manca negara sekalipun.

Cerita di atas tadi merupakan sejarahnya lipstik ya gaes, dan kenapa bisa digunakan sampai sekarang itu juga karena adanya emansipasi wanita ya gaes hihi.

Lalu bagaimana kita merayakan hari Lipstik Internasional itu ? merayakan nya bisa di lakukan dengan berbagai cara, misalnya kenakan warna lipstik favorit mu dan kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor, sambil tetap percaya diri, tunjukkan kepada semua orang bahwa kamu itu menyukai lipstik yang sedang kamu pakai ๐Ÿ˜


Atau bisa juga nih kalian pakai lipstik terus foto selfie bersama teman atau kerabat dekat mu upload deh, jangan lupa gunakan hasteg #lipstikday2018, atau menggunakan hasteg yang lain yang berkaitan dengan Hari Lipstik Internasional, semakin banyak yang lihat postinganmu semakin tahu tentang hari bahwa tanggal 29 Juli itu merupkan hari lipstik Internasional ya ๐Ÿ˜
Ataupun kalo perlu kamu mencoba makai lipstik yang tidak pernah kamu coba, misalkan merah ngejreng, ungu, hitam atau warna yang menurut mu tidak cocok di bibir mu ๐Ÿ˜‚

Tulisan di atas cuma hasil dari pencarian yang tertunda ya, semoga setelah kalian membaca artikel ini, kalian bisa mengetahui sejarah dan alhamdulillah bisa menggunakan lipstik sampai sekarang, dan juga ya gaes apapun yang kalian pakai type lipstik, kalian tetap cantik kok. Cantik nya dari hati, terus nular deh ke luar nya. Karena setiap perempuan yang diciptakan itu sudah cantik luar dalem. Semua wanita itu cantik. Yang terpenting bagaimana kita mensyukuri Nikmat yang diberikan oleh sang pencipta. Oke gaes ๐Ÿ˜˜

Salam sugar ❤


Komentar

  1. Baruu tau sama sejarah lipstick ini dan ternyata sempat ad pro dan kontra jg yaa.. Beruntung sekarang kita bisa memakai lipstick dengan tenang dan tidak ditentang pmerintah atau peraturan hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ci, kalo sekarang masih kontra itu gimana ya. Berasa makan tapi gak ada garam hihi

      Hapus
  2. Baru tau tentang sejarah lipstick nis. Dan nice topik bgt yang kamu angkat kebetulan hari lipstick internasional hhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh wah iya ka,soalnya kita harus ikut aktiv juga merayakan nya. Apalagi kan lipstik kebutuhan untuk wanita ๐Ÿ˜

      Hapus
  3. Wah keren nih infonya. Jadi lebih tahu tentang lipstik. Dan aku baru tahu ada harinya juga. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ulun juga baru tahu kalo ada hari lipstik pas buka ig hihi

      Hapus
  4. Ak jd penasaran bahan pembuat lipstik yg pertama apa ya. Gak mungkin cm lilin n pewangi kan ya. Kalau ak pribadi wkt kecil senang banget jadiin 'buah pacar' buat pewarna bibir. Natural look banget kayak pake liptint gt. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ulun senang jua pakai yang buah pacar tu mbak, jadi bibir merah merah kaya gitu ๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
  5. Wah aya baru tau nih sejarah nya. Pecinta lipstik tapi ga tau sejarah nya kaya gimana gitu ekwkwk. Makasih Ka info nya bermanfaat sekali hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama ay ๐Ÿ˜Š harus di abadikan tiap taon neh ๐Ÿ˜

      Hapus
  6. Wew knpa ga kepikiran ya kemarin itu foto lipstikan sama teman dan pake tu hastag. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inggih ka, wefie bareng bareng ๐Ÿ™ˆ

      Hapus
  7. Jadi tau sejarah lipstik yang everyday setia membantu menutupi kekurangan pada bibir kita. Terimakasih penemu lipstik.. :* haghaghag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penemu lipstik memang berjasa untuk membuat para wanita menutupi kepucatannya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

WOW ADA APLIKASI BELANJA ONLINE YANG UNIK DI ZAMAN SEKARANG

Fabiayyi alaa'i Rabbi Kuma Tukadzdzi Ban

SEPTEMBER CERIA - BEBERAPA TIPS DIBAWAH INI BISA KAMU LAKUKAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA KAMU #FBBKOLABORASI