SEPTEMBER CERIA - BEBERAPA TIPS DIBAWAH INI BISA KAMU LAKUKAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA KAMU #FBBKOLABORASI

Hallo
Assalamualaikum para teman teman sekalian, bertemu lagi kita di bulan september, semoga kalian selalu diberikan kesehatan dan kebahagian Aamiin


Dibulan September ini, adalah bulan favorit bagi aku, bukan karena tanggal lahir, atau aniv atau hari bersejarah yang menyisakan kenangan ya, tapi di bulan september ini merupakan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan. Pencanangan bulan gemar membaca ini dimulai sejak tahun 1995 oleh Presiden Soeharto. Tujuannya, tak lain untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang tergolong sangat rendah.

"Selamat Datang Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan 2018
(●´ะท`)♡ " 


Bila berbicara masalah membaca, baik itu membaca buku, novel, kamus, koran, majalah, biografi dan lain sebagaianya memang menurut ku gak pernah ada habisnya, selalu ada pelajaran yang dapat diambil dari sana, atau selalu dapat pengalaman, serta pengetahuan yang baru. Gak salah ya kan sama pepatah jika buku adalah jendela dunia, dan untuk membuka jendela tersebut harus dengan kuncinya yaitu membaca.


Mau tanya dong, kalian bisa menghabiskan waktu berapa jam dalam sehari untuk membaca buku ? 30 menit, 1 jam, 2 jam, lebih dari 3 jam atau tidak pernah sama sekali ? Kalo aku punya waktu untuk buku itu gak nentu, biasanya lebih dari tiga jam hihi. Aku tipikal orang yang lebih senang menghabiskan waktu yang ada dengan membaca buku dibandingkan dengan meliat drama series atau nonton, atau ditempat yang ramai. Jujur ya aku lebih enak dengan kesendirian dan ditemani secangkir kopi dari pada harus ikut adil dalam desak desakan pasar tradisonal atau malam minggu bersama acara haha.


Negara yang memiliki kegemaran membaca yang tinggi, cenderung memiliki tingkat peradaban yang lebih maju. Kita ambil contoh kalau kalian sering liat di televisi ataupun di dunia maya dimana Negara Jepang. Masyarakat disana memiliki budaya membaca yang luar biasa hebat, baik mereka sedang berada di taman, di kereta, di kantin, atau sedang dalam waktu luang, mereka tidak pernah melewatkan membaca, selalu ada saja kegiatan membaca yang sering mereka lakukan.


Jika itu terjadi di jepang, berbeda dengan yang ada di Negara kita.  Data Statistik Sosial Budaya BPS tahun 2012 menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia belum menjadikan kegiatan membaca sebagai sumber utama mendapatkan informasi.  Sebanyak 91,68 persen penduduk yang berusia 10 tahun ke atas lebih menyukai menonton televisi, dan hanya sekitar 17,66 persen yang menyukai membaca surat kabar, buku atau majalah. Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2009 menempatkan minat baca Indonesia pada posisi terendah dari  52 Negara Asia Timur. Sementara itu, pada tahun 2011, United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) merilis data bahwa indeks minat baca di Indonesia hanya 0,001. Artinya, dari seribu (1000) penduduk, hanya satu orang yang memiliki minat baca (fakta google.com)

Wah ternyata sudah terjawab kan alasan mengapa orang yang berada di negara kita masih sering bertanya mengenai informasi, padahal sudah tercetak jelas yang ada ditulisan.
Seharusnya ya, budaya gemar membaca harus ditanamkan sejak dini untuk anak - anak, dan juga kita yang udah dewasa. Karena dengan membaca kita bisa membedakan mana yang berita memang fakta dan berita yang terlihat hoax. Sering kali kita menyebarkan berita yang hoax yang kita sendiri belum tau apa yang terjadi, karena apa ? Karena malas untuk membaca. Hal ini juga akan berdampak bukan hanya kita melainkan untuk orang yang ada disekitar kita.

Dari hasil tadi, aku punya bebera tips agar bisa menumbuhkan minat baca. Diantaranya : 


Harus Punya Motivasi Atau Niat Dalam Membaca


Seperti yang kalian tahu ya, Tujuan awal untuk kita memulai sesuatu, jika niat dan motivasi kita sudah jelas, maka segala sesuatu akan dimudahkan. Jangan lupa untuk memulai niat harus dengan hati yang ikhlas ya, apalagi buat kamu yang pengen jadi suka baca, harus ikhlas menjalankannya.


Lakukan Hal Dengan Membaca Yang Kamu Suka


Ini sangat penting ya, kenapa aku bilang penting? Karena, kamu harus tau kamu pengen baca buku dengan tipe yang mana. Atau buku yang pengen kamu baca itu seperti apa. Yang jelas ketika kamu pengen menumbuhkan minat baca, kamu harus punya minimal satu buku yang bikin kamu penasaran dan kamu suka, serta tertarik untuk membaca.

Berteman Dengan Orang Yang Suka Membaca


Percaya gak percaya, ketika kamu berteman dengan orang yang suka membaca, sedikit banyaknya kamu akan ketularan juga senang membaca, misalkan kamu sedang menemani dia keperpustakaan, dia mengambil buku kamu pun ikut mencari buku yang bikin kamu penasaran, dan langsung membaca nya, dengan itu minat baca kamu bisa terealisasikan.


Alokasikan Waktu Untuk Membaca


Dengan menyisihkan waktu kita 10-15 menit sehari, kemungkinan minat baca akan cepat tercapai, tetapi ingat kamu harus konsisten, jangan langsung menghabiskan waktu mu hanya untuk awal membaca buku, itu tidak baik. Lebih baik bertahap. Karena kalau kamu sudah terbiasa maka akan lebih mudah untuk membaca nya.

Jangan Lupa Minta Rekomendasi Buku Dari Orang Lain


Dengan seseorang sudah membaca, lalu menceritakan nya ke kamu pasti kamu ada sedikit gambaran tentang buku itu. Alhasil kamu pasti pengen beli atau meminjam kepada teman mu. Apalgi kalau alur dari cerita itu sangat komplit, ditambah dengan komplik masalah yang terjadi dan juga tokoh dari cerita tersebut. Itu semakin memudahkan untuk kamu dalam menumbuhkan minat baca

Manfaatkan Waktu Menunggu


Dengan adanya menunggu, kebanyakan seseorang pasti bosan. Adakalanya kalian bisa mengatasi ini dengan membaca. Didalam membaca pada saat menunggu kalian bisa saja dapat pengalaman dan pasti waktu yang kalian tunggu tidak terbuang sia-sia.

Memiliki Target Dalam Membaca


Jika kamu mempunyai target dalam membaca, maka itu akan membantu kamu untuk meningkatkam minat baca, well seperti yang aku jalani, aku memiliki target dalam satu bulan harus tamat 5 buku dengan ketebalan sekian. Karena sudah terbiasa dengan target jadi itu buku gak nganggur alias selesai pada waktu yang ditentukan. Nah bisa juga kamu mencoba dengan satu buku satu bulan, dengan itu target membaca kamu bisa terlaksanakan ya hehe.

Jangan Lupa, Untuk Gabung Dan Berdiskusi Di Dalam Komunitas


Ini menjadi suatu relasi untuk kamu yang sulit menumbuhkan minat baca, didalam komunitas kamu bisa sharing sambil belajar, dan juga didalam diskusi bisa membantu kamu semangat dalam membaca buku yang sedang di bahas untuk segera dijelaskan padaorang yang ada di komunitas.

Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu


Hal yang selalu menjadi alasan aku ingin membaca, karena aku ingin tahu ini kota terletak dimana, SDA apa yang ada disana, ini kota wisata alam cukup menggiurkan, apalgi wisata kulinernya. Hal itulah alasan kenapa aku suka membaca hihi. Buat kamu bisa juga nih, tumbuhkan rasa ingin tahu di hidup kamu, biar kalo kamu membaca buku, kamu jadi tahu dengan ini. Lanjut ke buku selanjutnya kamu tahu dengan yang itu dan akhiranya minat baca kamu bisa terjalankan dengan baik.

Ingat ya teman - teman kalau kalian males membaca maka kalian juga yang akan tertinggal dari orang - orang yang memiliki segudang pengetahuan. Membaca bukan menjadikan kamu menjadi kutu buku atau ketertinggalan dengan orang yang lebih gaul, malah membuat kamu menjadi lebih tahu dan lebih berwawasan. Dan ingat juga semakin banyak kita membaca semakin banyak pengetahuan tentang dunia yang kita dapat hehe.

Ini tulisan hasil FBB Kolaborasi kedua yang diadakan tiap satu bulan sekali. FBB Kolaborasi Ini diadakan tiap satu bulan sekali, dengan tema yang berbeda beda. Kebetulan pada bulan ini bertepatan dengan hari gemar membaca. Manfaat dari aku sendiri dengan ikut FBB Kolaboarasi bisa meningkatkan keaktifan dalam segi tulisan aku hehe.

Sebelum penutupan ini tiba, karena aku salah seorang pencinta buku biar aku kasih kutipan yang aku dapat dari hasil jelajah jelajah hehe

"There are worse crimes than burning books. One of them is not reading them.” — Ray Bradbury

"A book can talk to your mind. A book can go around the world with you. A book can make you a smarter individual.” — Dr T.P.Chia

Salam Sugar ❤


Komentar

  1. Eh, jadi Nisa tim #novel ya daripada #film? Ih, sama donk. Aku kalo obrolan tentang film nganga2 saking sedikitnya perbendaharaan judul film, haha. Aku juga sekarang mulai concern menumbuhkan budaya gemar membacaku yang rada mulai punah sejak jadi ibu, jadi bener kata Nisa pasang target salah satu untuk menumbuhkan minat baca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ikutan komen di sini ya, hihihi, mau toss dulu sebagai sesama tim #novel, yes!

      Setuju dengan semua tips-mu. Terutama yg gabung dengan komunitas. Komunitas bisa dengan efektif meracuni kita supaya membaca buku ini atau membaca buku itu ๐Ÿ˜‚

      Saya lupa berapa jam sehari yang saya habiskan untuk membaca buku, tidak tentu juga biasanya, tergantung bukunya seru atau tidak. Kalau seru bisa lebih lama. Tapi sekarang jam baca saya juga tergantung sama anak lagi rewel atau tidak ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. iya kak kita timnovel. tos
      terkadang kalau kita sudah membaca bikin lupa dengan dunia yang ada hahah

      Hapus
  2. Tipsnya oke nih. Beberapa sudah sy lakoni, moga bisa ketularan virus membacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyadong mi, semangatt umi, semoga bisa menumbuhkan virus yang menular. heheh virus membaca loh yaa

      Hapus
  3. Tipsnya bagus nih jd bikin termotivasi untuk membaca sebagai habit

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak hihi. biar bisa kasih motivasi untuk jadi habit

      Hapus
  4. Wah kalau aku nggak ada target sih untuk sehari baca buku berapa. Tapi aku targetnya dalam setahun baca berapa buku. Tahun kemarin sempat sedikit banget bacaanku makanya tahun ini mulai rajin baca lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. inggih mbak, yang penting membacanya dalam setahun heheh

      Hapus
  5. Membca dimulai dr apa yg kita suka ini bener banget. Jd ak ingat banget dulu waktu ke perpus SMP ak suka baca novel detektif trus dibilang guru penjaga perpusnya, "Ah, winda ini sukanya baca begini pantesan ga kayak kakaknya pinter.." haha aku sampai sekarang masih inget. Dlm hati ak bilang, "trus, diperpus pinjem apa? Buku matematika? Buku Fisika? Yang jelas2 gak disuka ngapain dibaca2.. Sangat jarang org dewasa yg mengerti bahwa pembelajaran efektif dlm kehidupan org introvert yg ga terlalu pinter itu terdapat pd novel.."

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, kadang orang yang introvert lebih mengerti dan paham dengan dunia yang ada karena didapat dari novel ataupun buku yang mereka baca heheh

      Hapus
  6. Menumbuhkan rasa ingin tahu itu emang bener sih, kalau semakin kepo kita jadi semakin pengen baca. Blogger emang harus suka baca yekannnnn hahahha

    BalasHapus
  7. Berteman dan dekat dengan orang yang juga gemar membaca emang penting sih buat ningkatin minat baca. Logikanya kan, kalau lingkungan kita pada acuh tak acuh sama buku, pasti kita juga ngerasa useless sendiri. Seakan ga ada dukungan. Eh anyway, km kuliah jurusan apa Sa?

    BalasHapus
  8. Hobi membaca ini memang susah2 gampang. Kalau memang hobi, gak pakai target2 juga bisa habis satu buku sehari. Hehe. Tapi bagus juga buat orang yang berusaha menumbuhkan minat membaca dengan memasang target seperti ini.

    BalasHapus
  9. Dulu, zaman masih jadi "pengangguran," aku bisa nyelesein 2 novel atau 5 komik dalam sehari. Skrg mah boro2, sebulan aja kadang ga selesai 1 novel tipis ๐Ÿ˜… Tapi, tetep, sesibuk apa pun, kita memang harus meluangkan waktu untuk membaca. Ga papa deh dikit, yg penting membaca ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

WOW ADA APLIKASI BELANJA ONLINE YANG UNIK DI ZAMAN SEKARANG

Fabiayyi alaa'i Rabbi Kuma Tukadzdzi Ban